Wednesday 15 November 2017

UNSYIAH TERUSLAH MAJU DEMI BANGSAMU

SEJARAH SINGKAT UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Gedung Birokrat Unsyiah

Tepat pada tanggal 2 september 2017 lalu, Universitas Syiah Kuala memperingati Dies Natalis yang ke-56. Dies Natalis adalah suatu peringatan atas hari lahir yang di dalam sejumlah besar budaya dianggap sebagai peristiwa penting yang menandai awal perjalanan kehidupan. Umumnya penyebutan Dies Natalis kebanyakan di kalangan Organisasi atau Perguruan Tinggi. Syiah Kuala merupakan nama yang diberikan untuk kampus jantong hate rakyat Aceh, nama seorang ulama Aceh sekaligus ulama Nusantara terkemuka dengan nama lengkapnya Tengku Abdur Rauf As Singkili, kehidupan beliau pada abad XVI. Beliau sangat terkenal di bidang ilmu hukum maupun keagamaan.

Sejarah Dies Natalis Universitas Syiah Kuala yang akrab disebut Unsyiah ini, dimulai pada tanggal 2 september 1959. Dimana Presiden pertama Negara Republik Indonesia Dr. Ir. H. Soekarno datang ke negeri Serambi Mekkah untuk peresmian Kota Pelajar Mahasiswa Darussalam diiringi pembukaan selubung Tugu Darussalam dan  peresmian pembukaan fakultas pertama dari Universitas Syiah Kuala, yaitu Fakultas Ekonomi. Mengingat bangkitnya kembali pendidikan di Nanggroe Aceh Darussalam, ditetapkan setiap tanggal 2 September merupakan hari Pendidikan Daerah Aceh yang diperingati setiap tahun oleh rakyat Aceh.

Awal muka terbentuk Universitas Syiah Kuala yang dimulai dari fakultas Ekonomi, dilanjutkan dengan pembentukan Fakultas Kedokteran Hewan dan Ilmu Peternakan pada tahun 1960. Universitas Syiah Kuala sebagai sebuah universitas secara resmi baru dinyatakan pada tanggal 21 Juni 1961 melalui SK menteri PTIP No. 11 Tahun 1961 dan pengesahannya melalui Keputusan Presiden No. 161 tanggal 24 April tahun 1962. Bersamaan dengan SK pembukaan Universitas Syiah Kuala maka dibuka pula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat. Setelah resmi menjadi Universitas, Unsyiah melakukan beberapa pengembangan termasuk pendirian Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran dan fakultas MIPA.

Disamping 8 buah Fakultas dengan jenjang Strata 1 tersebut, hingga saat ini Universitas Syiah Kuala telah memilki program profesi untuk dokter dan dokter hewan, program diploma 3 (D-III) Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, fakultas MIPA, program diploma 2 (D-II PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, program S1 Ekstensi Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik,  Fakultas Pertanian dan KIP. Selain itu, Universitas Syiah Kuala juga telah membuka program Pasca Sarjana (PPs) Magister Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP), Magister Manajemen (MM), Konservasi Sumber Daya Lahan (KSDL), Manajemen Pendidikan (MPd), Magister Teknik (MT), Magister Ilmu Akutansi (M.Si) dan Magister Pendidikan Bahasa (M.Pd). Pada tahun ajaran 1998/1999, Universitas Syiah Kuala telah menerima mahasiswa baru untuk Program Doktor (S3) dalam bidang ilmu ekonomi.

Sejak didirikan, Universitas Syiah Kuala berturut-turut dipimpin oleh Kolonel M. Jasin dengan sebutan Pj. Presiden, Drs. Marzuki Nyak Man dengan sebutan ketua Presidium, Drs. Madjid Ibrahim sebagai Rektor, seterusnya Prof. Dr. Ibrahim Hasan, MBA., Prof. Dr. Abdullah Ali, M.Sc., Dr. M. Ali Basyah Amin, MA., Prof. Dr. Dayan Dawood, MA., Prof. Dr. Ir. Abdi A. Wahab, M.Sc., Prof. Dr. Darni M Daud, M dan kini Unsyiah berada dibawah pimpinan Prof. Dr. Samsul Rizal, M. Eng.

VISI MISI DALAM MENCAPAI TARGET


Universitas Syiah Kuala merupakan wujud dari keinginan rakyat Aceh untuk memiliki sebuah lembaga pendidikan tinggi negeri, yang pada akhirnya terbentuk sesuai harapan dan keinginan semua orang. Bukan saja rakyat Aceh yang menginginkan adanya Unsyiah di bumi Aceh tetapi untuk setiap orang yang merasa betapa pentingnya pendidikan dalam sebuah Negeri guna menghasilkan orang-orang cerdas, terampil, dan berkarakter demi untuk memajukan Negeri Aceh khususnya dan Indonesia umumnya.

Untuk mencapai hasil yang sudah di targetkan, Unsyiah mempunyai Visi dan Misi dalam mencapai keberhasilan. Target Unsyiah pada tahun 2025 tercapainya persaingan kompetitif pada tingkat global. Untuk mencapai target tersebut perlu kerja keras dari sekarang, berawal dari pembangunan penguatan pelayanan di bidang akademik. Setelah kebutuhan dan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan menjadi optimal, langkah selanjutnya yang di lakukan Unsyiah adalah meningkatkan mutu pendidikan agar lebih berkualitas dan meningkatkan daya saing. Semua yang di lakukan ini untuk menghasilkan lulusan yang cerdas, terampil, dan berkarakter dan juga menghindari kegagalan dalam menciptakan mutu pendidikan yang hasilnya nanti akan mencetak angka pengangguran baru. Oleh karena itu, lulusan Unsyiah di harapkan mampu menggerakkan perekonomian serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Setiap tahun Unsyiah melepas ribuan sarjana, tetapi sejauh ini masih banyak lulusan yang menjadi pengangguran. Ini merupakan masalah serius dan perlu adanya peningkatan kemampuan dan kemauan lulusan Unsyiah untuk menciptakan lapangan kerja. Dalam hal ini Unsyiah menggerakkan mahasiswa melalui peningkatan kreativitas, daya juang, dan kewirausahaan.

Zaman terus maju sejalan dengan arus globalisasi, Unsyiah harus siap untuk menghadapi persaingan global.  Dan juga perlu memikirkan masa depan. Bagaimana kehidupan Nanggroe Aceh Darussalam di masa akan datang. Unsyiah harus mampu mencapai Visi dan Misi serta mampu menghasilkan lulusan-lulusan yang mempunyai daya saing tingkat global. Karena keinginan setiap masyarakat Aceh adalah kemajuan Negeri tercintanya. Harapan setiap masyarakat Aceh dengan adanya Universitas Syiah Kuala serta Perguruan Tinggi lain yang ada di Nanggroe Aceh Darussalam, dapat mengembalikan kemajuan dan ketenaran bumi Serambi Mekkah yang dulunya pernah berjaya tingkat dunia. Unsyiah merupakan kebanggaan dan jantong hate rakyat Aceh, lakukanlah yang terbaik untuk rakyatmu, berikan pendidikan yang optimal serta peningkatan sarana dan prasarana untuk melahirkan generasi masa depan yang mampu membawa Negeri Aceh lebih baik dan mampu bersaing tingkat global. (Sumber : RENSTRA UNSYIAH)
           

           
           






Share:
Location: Jalan Teuku Nyak Arief, Darussalam, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh 23111, Indonesia

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Kunjungi Profil Lengkap Saya